Webinar ILKOM FMIPA UNIMED Hadirkan Pakar IT untuk Bahas Peran Teknologi di Dunia Pendidikan dan Bisnis

Pandemik Covid-19 memaksa masyarakat untuk dapat memahami teknologi karena semua kegiatan yang biasa dilakukan tatap muka sekarang dilakukan dalam bentuk daring sama halnya di bidang Pendidikan dan bisnis. Membahas lebih lanjut mengenai hal ini Program Studi Ilmu Komputer FMIPA UNIMED menggelar Webinar dengan angkat tema “Peran Teknologi Informasi pada Dunia Pendidikan dan Bisnis di Era COVID-19” (9/6/2020).

Webinar ini menghadirkan narasumber Ketua APTIKOM Pusat Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D. dan Vice president Regional Enterprise Bussiness PT. Smartfren Telecom, Tbk. Webinar ini dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, S.KM., M.Kes, turut ikut serta dan memberikan sambutan ketua senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Dekan FMIPA Dr. Fauziyah Harahap, M.Si, serta ikut gabung juga para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi Ilmu Komunikasi, para dosen dan ribuan peserta yang berasal dari internal UNIMED dan berbagai perguruan tinggi, serta praktisi IT dan Bisnis.

Dalam sambutannya Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes menyampaikan “di era disrupsi sekarang, kita harus segera mengantisipasi perubahan-perubahan besar yang terjadi di dunia ini, mulai dari disrupsi teknologi yang berdampak pada semua sektor, baik penerapan otomatisasi, artificial intelligence, big data, internet of thing, dan lain-lainnya.”.

Rektor mengatakan bahwa akibat pandemic COvID-19 semakin dituntut untuk melakukan perubahan dengan pemanfaatan teknologi seperti halnya terjadi dalam sistem pendidikan dimana terjadinya peralihan dari tatap muka menjadi online. Begitu juga dengan halnya dunia bisnis yang dapat diamati 3 bulan ini perkembangan bisnis dalam bentuk digital/startup sudah semakin maju, karena aadanya aturan pemerintah mengenai physical distancing yang mengharuskan masyarakat menjauhi kerumuman, hal itulah yang mendorong masyarakat untuk melakukan belanja dari online daripada datang ke mall.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan, semoga dengan webinar ini kita mendapatkan informasi terbaik berkaitan bagaimana peran IT sebagai alat utama dalam dunia pendidikan dan bisnis dalam rangka menghadapi pandemi ini. “pandemic ini menuntut kita harus berpindah dari dunia nyata ke dunia online sama halnya dengan dunia pendidikan dan bisnis yang harus memanfaatkan IT agar dapat berjalan dengan lancar dan optimal di era pandemi ini. Oleh karena itu, di era sekarang IT ini menjadi satu ilmu dan skill yang wajib kita miliki dengan baik, walaupun tentu ada kendala bagi sebagian orang yang belum familiar. Tapi percayalah, jika kita memiliki kesungguhan dan semangat yang lebih, kemampuan IT ini bisa kita miliki, walau belum tentu ahli. Saya ajak kita semua yang sudah gabung, mari kita ikuti Webinar yang sangat baik ini dengan serius. Sehingga kita pasti dapat wawasan baru dari para narasumber yang akan menambah pengetahuan dan skill kita dalam bidang IT. Kita berharap pengetahuan dan skill yang kita peroleh ini dapat menunjang tugas dan kinerja profesi kita masing-masing.

Dekan FMIPA dalam sambutannya, mengatakan, Penerapan new normal saat ini juga mengharuskan dunia pendidikan dan bisis untuk segera beradaptasi dan bersinergi, agar tetap berorientasi pada masa depan dan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. “Kita dituntut dan dipaksa untuk bermigrasi dan beradaptasi dalam kondisi pandemi ini, agar kita tetap bertahan dan dapat melaksanakan aktifitas kita dengan baik. Bagaimana adaptasi pendidikan dan bisnis di era new normal ini? Bagaimana kebijakan pemerintah terhadap kurikulum tahun ajaran baru? Bagaimana kesiapan guru, dosen dan pebisnis dalam menjalankan perannya di era new normal ini?, Pemanfaatan teknologi informasi menjadi hal yang paling mendasar dan wajib untuk diketahui dan dikuasai. Dengan adanya acara webinar ini, semoga dapat memberikan wawasan, pemahaman terhadap pemanfaatan teknologi informasi sebagai tools untuk membantu menyelasaikan masalah kita sehari-hari khususnya di dunia pendidikan dan bisnis. Dan Semoga dengan acara ini dapat menjawab kegelisahan masyarakat luas khususnya di dunia pendidikan dan bisnis,” ujar Dr. Fauziyah.

Dalam paparannya Prof. Zainal menyampaikan bahwa pandemic ini akan lahir generasi teknologi karena akibat covid ini guru harus dapat mengajarkan pemakaian teknologi kepada siswa karena itulah guru harus paham dengan teknologi sebelum mengjarakan kepada siswa. “era covid ini memaksa kita untuk merealisasikan penerapan teknologi di dunia Pendidikan karena itulah era covid dosen dan guru wajib menguasai teknologi dan juga dapat mendigitalisasikan materi-materi perkuliahan kita ke dalam berbagai bentuk media sehingga dapat menarik perhatian mahasiswa untuk terus mengikuti perkuliahan. Selain itu dengan digitalisasi materi makin banyak konten positif yang digunakan untuk belajar,” papar Ketua APTIKOM yang juga biasa disapa akrab dengan panggilan Prof. Ucok. Prof. Zainal juga menyampaikan dengan penerapan teknologi terjadi perubahan landscape yakni lebih adaptif, lebih fleksibel, agile, personal, kontekstual, relevant, manusiawi dan merdeka. (Humas UNIMED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *